Selasa, 23 Agustus 2011

SURAH AL-BAYYINAH , 98: 5, TENTANG KEIKHLASAN BERIBADAH

Terjemahan Ayat :

“Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan (ikhlas) kepada-Nya dalam (menjalankan) agama dengan lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat, dan yang demikian itulah agama yang lurus.”(Q.S. Al-Bayyinah, 98: 5)

Kesimpulan isi kandungan Surah Al-Bayyinah, 98: 5 adalah suruhan Allah SWT untuk mengamalkan ajaran agama-Nya, termasuk shalat dan zakat dengan lurus yakni bersih dari unsur kemusyrikan dan kesesatan serta dengan niat ikhlas semata-mata karena Allah SWT.

Niat adalah dorongan yang tumbuh dalam hati manusia untuk melaksanakan amal perbuatan tertentu. Sedangkan kata ikhlas secara harfiah berarti murni, suci, atau bersih. Dalam mengamalkan setiap ajaran Islam hendaknya dilandasi dengan niat ikhlas karena Allah SWT, maksudnyya dengan kesadaran semata-mata hanya mentaati perintah-Nya dan untuk memperoleh rida-Nya. Muslim/Muslimah yang melandasi pengamalan setiap ajaran agamanya dengan niat ikhlas karena Allah SWT dan untuk memperoleh rida-Nya disebut mukhlis, kata jamaknya mukhlisun/mukhlisin.

Melandasi pengamalan setiap ajaran Islam (ibadah dan amal saleh) dengan niat ikhlas karena Allah SWT wajib hukumnya. Hal itu karena perbuatan ibadah dan amal saleh, jika tidak dilandasi dengan niat ikhlas karena Allah SWT , bahkan dilandasi dengan 'riya' dan 'sum'ah', tentu tidak akan diterima Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda : “Allah tidak akan menerima amal, melainkan yang didasari ikhlas karena Allah untuk mencari keridaan-Nya.”(H.R. Ibnu Majah)

Semua perbuatan yang baik, bahkan semua yang halal seperti makan, minum, berolahraga dan kegiatan lain, bila dilakukan dengan niat ikhlas karena Allah SWT tentu akan memperoleh pahala ibadah.

Apalagi kegiatan menuntut ilmu. Oleh karena itu, hendaknya kamu awali semua kegiatanmu dengan niat ikhlas dan ucapan basmallah . Nabi Muhammad SAW bersabda, “Setiap urusan yang baik (bermanfaat) yang tidak dimulai dengan ucapan bismillahirrahmanirrahim maka terputus berkahnya.”(H.R. Ibnu Majah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar